Rabu, 05 Februari 2014

Susu Biji Nangka Yang Bergizi

Posted at  05.00  |  in  Pertanian

Nangka ( Artocarpus heterophyllus Lamk ) merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari India dan menyebar ke daerah tropis termasuk Indonesia. Di Indonesia lebih dari 30 kultivar di Jawa terdapat lebih dari 20 kultivar. Berdasarkan sosok pohon dan ukuran buah nangka terbagi dua golongan yaitu pohon nangka buah besar dan pohon nangka buah mini.

Angin berperan dalam membantu penyerbukan bunga pada tanaman nangka. Pohon nangka cocok tumbuh di daerah yang memilki curah hujan tahunan rata-rata 1.500-2.500 mm dan musim keringnya tidak terlalu keras. Nangka dapat tumbuh di daerah kering yaitu di daerah-daerah yang mempunyai bulan-bulan kering lebih dari 4 bulan. Sinar matahari sangat diperlukan nangka untuk memacu fotosintesa dan pertumbuhan, karena pohon ini termasuk intoleran. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan terganggunya pembentukan bunga dan buah serta pertumbuhannya. kelembapan udara sangat diperlukan.


Pohon nangka dapat tumbuh dari mulai dataran rendah sampai ketinggian tempat 1.300 m dpl. Namun ketinggian tempat yang terbaik untuk pertumbuhan nangka adalah antara 0-800 m dpl. dataran di madura sangat cocok untuk tumbuhan nangka. Umumnya tanah yang disukai yaitu tanah yang gembur dan agak berpasir. Pohon ini hidup pada tanah tandus sampai subur dengan kondisi reaksi tanah asam sampai alkalis. Bahkan pada tanah gambut pun pohon ini dapat tumbuh dan menghasilkan buah.


Nangka terutama dipelihara di pekarangan atau dikebun milik warga sekitar. banyak manfaat dari buah nangka yaitu Daging buah nangka muda (tewel) dimanfaatkan sebagai makanan sayuran. Kayu nangka dianggap lebih unggul daripada jati untuk pembuatan meubel, konstruksi bangunan pembubutan, tiang kapal, untuk tiang kuda dan kandang sapi, dayung, perkakas, dan alat musik. dan biji nangka juga bisa dimakan dengan cara direbus atau dibakar seperti halnya Umbi.


Rumah orang Madura mayoritas mempunyai pekarangan yang luas. bahkan masing-masing rumah mempunyai mushola (langgar). di setiap rumah masyarakat madura pasti mempunyai tanaman nangka. oleh karena itu potensi buah nangka sangat banyak di pulau madura. bahkan mereka juga menjual sampai ke pulau jawa. harga nangka di pulau madura sangat murah. dengan kisaran antara 10-25rbu tergantung besar kecilnya buah. karena setiap warga pasti mempunyai pohon nangka sendiri dengan begitu mereka bisa menikmati buah tersebut tanpa harus membeli.

Di Madura Nangka biasanya dibuat campuran Kolak, di goreng dengan baluran tepung seperti halnya pisang goreng, atau dimakan secara biasa. belum ada sesuatu yang baru untuk buah nangka agar bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi di pulau madura khususnya Desa Ombul juga. seperti halnya malang keripik nangka sudah dibuat di madura juga sudah ada. namun masih belum bisa menjadi oleh-oleh khas pulau madura karena kebanyakan hanya dikonsumsi pribadi oleh warga madura.

Banyak yang bisa kita olah dari buah nangka. namun ada satu yang kadang sering dilupakan atau kadang tidak terpakai. yaitu biji nangka itu sendiri. pengolahannya terkadang hanya direbus atau dibakar saja sebagai camilan pendamping. Sekarang kita mencoba dengan membuat Susu dari olahan biji nangka itu sendiri. Dalam hasil risetnya, dari yang kami temukan, biji nangka bisa menghambat penyakit kanker kolon. Biji nangka berpotensi sebagai prebiotik karena mengandung polisakarida dan oligosakarida yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tubuh manusia. bahkan kanker kolon merupakan penyebab kematian kedua di dunia menurut data dari IPB.

Faktor risiko yang berhubungan erat dengan kanker kolon, menurutnya, ialah gaya hidup, yaitu pola makan, berat badan, dan aktivitas fisik. Namun, risiko terkena kanker kolon dapat diturunkan dengan cara meningkatkan konsumsi serat makanan, termasuk prebiotik dan probiotik. Nah, susu fermentasi biji nangka seperti ini yang harus banyak dikonsumsi masyarakat karena mengandung prebiotik dan probiotik (sinbiotik).

Cara pembuatannya Biji nangka direbus selama 45 menit menggunakan untuk menghilangkan lendir dan mempermudah pelepasan kulitnya. Sesudah itu, biji nangka dipisahkan dari kulit yang masih menempel, kemudian dipotong-potong menjadi bagian-bagian kecil untuk memudahkan proses pengeringan. Proses pengeringan dilakukan selama dua jam. Pengeringan ini untuk mengurangi kadar air dalam biji nangka sehingga mempermudah kita untuk memblender. agar lebih halus dan tekstur susu tidak berpasir kemudian dilakukankan proses penyaringan sebelum susu direbus. tambahkan gula atau tambahan rasa seperti Jahe, Pandan atau Vanila. agar rasa susu lebih enak dan tidak hanya original. bahkan, seperti strawbery, jeruk atau bahkan lemon bisa dibuat sebagai tambahan rasanya.

Manfaat dari susu buah biji nangka sendiri bisa untuk Pencernaan laktosa usus, meningkatkan kualitas gizi, menurunkan kadar kolesterol darah, mencegah kanker dan mengatasi diare. Dengan begitu Susu dari biji nangka bisa dibuat kewirausahaan buat warga Desa Ombul. dengan bahan yang sederhana yang mudah dicari. bahkan banyak di pulau madura karena biji nangka dianggap limbah dan tidak dimanfaatkan lebih lanjut oleh masyarakat Mungkin kedepan susu biji nangka bisa disamakan dengan susu kedelai yang sudah banyak dikenal. karena rasa juga tidak beda jauh. namun belum banyak orang yang tahu. seperti contoh kemasan dibawah. kita mencoba membuat kemasan yang sederhana. kemasan susu sepeti halnya air minum kemasan. agar bisa dijual dan terlihat menarik.

Setelah terciptanya posdaya dari kelompok KKN UTM tentang kewirausahaan ini. semoga kedepan bisa tetap berjalan dan bisa menjadi susu yang dikenal masyarakat banyak dan warga Desa Ombul bisa lebih terbuka tentang peluang yang ada dalam desanya untuk menjadi penambah penghasilan khususnya ibu-ibu rumah tangga warga sekitar.


 

 



Share this post

About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

1 komentar:

  1. siapa bilang dengan modal kecil tidak bisa menang banyak?
    Dengan modal Rp20.000,
    Anda bisa menang "Puluhan Juta" !!!
    Hanya di Sinidomino. com
    Untuk info lebih lanjut, Hubungi :
    -Pin BBM : D61aE3506 (24 jam Online )
    dewa poker

    BalasHapus

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Desa Ombul Sampang Jawa Timur . Distributed By Blogger Themes | Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top