Kamis, 23 Januari 2014

Pertanian Desa Ombul

Posted at  02.54  |  in  Pertanian

Semua daerah di indonesia memang memiliki tanaman pertanian atau perkebunan sebagai iconya. Madura lebih terkanal dengan tembakau meskipun tidak semua tanah atau daerah menghasilkan tembakau dan garam, misalkan bangkalan dan sampang.
Sumenep, icon pertanianya adalah tembakau begitu juga dengan pamekasan, meskipun tidak semua kecamatan di sumenep dan pamekasan menghasil tanaman perkebunan tembakau. Berbeda dengan sumenep dan pamekasan, bangkalan dan sampang tidak ada tanaman pertanian yang menjadi ciri khas atau produk unggulan pertanian.
Sampang mempunyai 14 kecamatan yang masing – masing adalah, Torjun, Ketapang, Bayuates, Camplong, Karang penang, Jrengik, Kedungdung, Sampang, Omben, Pangarengan, Robatal,Sokobanah, Sresah, Tambelengan. Setiap kecamatan mempunyai desa dengan ciri khas masing-masing pertanianya. Salah satunya Pertanian musiman di ombul. Seperti pada umumnya, tanaman pertanian di desa Obul adalah jagung dan padi tetapi ada salah satu yang menjadi daya tarik dari pertanian desa ini yaitu talas mbote.
Data pertanian kecamatan kedungdung, Luas tanaman padi dan palawija memiliki luas area tanah pertanian seluas 251 ha sedangkan jagung 15 ha. Talas mbote tidak masuk dalam data pertanian karena musim panen yang mencapai 6 bulan dan termasuk dalam tanaman palawija.   
Sebagian besar masyarakat mata pencaharianya adalah bertani. Dapat dilihat dari jumlah rumah tangga petani sebanyak 1007 keluarga dengan jumlah atotal anggota rumah tangga petani 1281 orang, jumlah rumah tangga buruh tani sebanyak 160 keluarga dengan total jumlah anggota rumah tangga buruh tani 803 orang.
Dengan fakta di atas maka dapat disimpulkan pertanian di sampang tepatnya ombul memang sangat berpotensi tinggal bagai mana pemerintah memfasilitasi parapetani dan memperbaiki infrastruktur sehingga perekonomian ombul atau sampang terangkat .

Share this post

About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Desa Ombul Sampang Jawa Timur . Distributed By Blogger Themes | Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top