Sabtu, 08 Februari 2014

Letak Geografis & manfaatnya

Posted at  19.00  |  in  Letak Geografis



   Letak dan Luas Wilayah Desa ombul yang berada di kecamatan kedungdung ,kabupaten Sampang mempunyai kondisi geografis yang hampir sama dengan kondisi desa yang ada di madura pada umumnya. Dengan Kondisi Tanah yang gersang yang berada didataran tinggi serta hawa yang panas dan hawa yang dingin pada malam hari. dan itu sudah menjadi ciri khas pedesaan didataran madura. 

Desa Ombul terletak di 7 25' 17" LS - 109 4' 39" BT dan berda di ketinggian kurang lebih 1500 meter diatas permukaan laut. Desa ombul mempunyai 7 dusun yang letaknya berjauhan dengan akses jalan menuju desanya yang hampir rusak sehingga sangat sulit untuk dilalui kendaraan. Jalanan di desa ombul rata-rata berupa batu-batu gunung dan lumpur, sehingga jika hujan sangat sulit untuk melewati jalanan di desa ombul tersebut.Topografi dan jenis tanah Hampir semua mata pencaharian masyarakat di desa ombul adalah petani, jadi tidak heran jika sepanjang jalan menuju pusat desa itu hampir dipenuhi sawah, dan sebagian dipenuhi hutan jati. Musim tanam biasanya depengaruhi faktor cuaca, akan tetapi warga cukup kesulitan jika mendapatkan air bersih. 

Jangankan untuk mengalirkan air ke sawah mereka, untuk minum dan kebutuhan sehari-hari lainnya saja mereka cukup kesulitan. Jika pada musim hujan di daerah lain bisa mendapatkan persediaan air yang cukup melimpah akan tetapi hal itu tidak dapat dinikmati oleh masyarakat desa ombul. Air hujan yang mereka tampung ditanah biasanya akan habis kerena akan menyerap ke dalam tanah dengan sangat cepat atau kurang lebih dalam jangka waktu tiga hari.

Keadaan iklim sangat penting bagi pertumbuhan berbagai jenis tanaman. Faktor iklim yang penting bagi pertumbuhan tanaman ialah : suhu, sinar matahari, kelembaban udara dan angin. Schmidt dan fergusson membagi iklim dalam delapan tipe iklim berdasarkan atas banyaknya bulan kering dan banyaknya bulan basah dalam waktu satu tahun. contohnya seperti musim hujan pada bulan Oktober-Maret sedangkan bulan kemarau dari bulan April-September.
                
Di antara bulan kering dan bulan basah adalah bulan lembab yang mempunyai curah hujan antara 60-100 mm. menurut Schmidt dan fergusson Desa Ombul termasuk dalam daerah tipe iklim D dengan nilai Q antara 60% - 100%. Nilai Q adalah perbandingan antara banyaknya bulan kering dibagi dengan bulan basah. sehingga lebih tandus dan sangat kering hampir seperti gersang.
               
Tingkat pendidikan di desa Ombul tergolong sedang dan masih dalam taraf pengembangan. Fasilitas pendidikan yang ada didesa ombul meliputi 2 Sekolah Dasar,  8 Madarasah Ibtidaiyah, Sekolah Diniyah. Sedangkan Sebagian besar penduduk Desa Ombul adalah tamatan Sekolah Dasar yaitu sebanyak 1235 orang dan urutan kedua adalah penduduk yang belum tamat SD sebanyak 1025 orang.
Sedangkan Data Penduduk yang tidak sekolah sebanyak 774 orang menempati urutan ketiga dan urutan keempat adalah penduduk yang tamat SLTP sebanyak 945 orang dan tamat SLTA sebanyak 420 orang dan tamat Akademi / Perguruan Tinggi sebanyak 93 orang. Hasil yang didapat berasal dari data di kecamatan kedungdung pada tahun 2013. Namun data yang dihasilkan pada saat ini belum terbaru karena banyak sebagian besar warga desa yang bekerja diluar kota.


         Nangka ( Artocarpus heterophyllus Lamk ) merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari India dan menyebar ke daerah tropis termasuk Indonesia. Di Indonesia lebih dari 30 kultivar di Jawa terdapat lebih dari 20 kultivar. Berdasarkan sosok pohon dan ukuran buah nangka terbagi dua golongan yaitu pohon nangka buah besar dan pohon nangka buah mini.
                
Angin berperan dalam membantu penyerbukan bunga pada tanaman nangka. Pohon nangka cocok tumbuh di daerah yang memilki curah hujan tahunan rata-rata 1.500-2.500 mm dan musim keringnya tidak terlalu keras. Nangka dapat tumbuh di daerah kering yaitu di daerah-daerah yang mempunyai bulan-bulan kering lebih dari 4 bulan. Sinar matahari sangat diperlukan nangka untuk memacu fotosintesis Pohon nangka dapat tumbuh dari mulai dataran rendah sampai ketinggian tempat 1.300 m dpl. Namun ketinggian tempat yang terbaik untuk pertumbuhan nangka adalah antara 0-800 m dpl. dataran di madura sangat cocok untuk tumbuhan nangka. Umumnya tanah yang disukai yaitu tanah yang gembur dan agak berpasir. Pohon ini hidup pada tanah tandus sampai subur dengan kondisi reaksi tanah asam sampai alkalis. Bahkan pada tanah gambut pun pohon ini dapat tumbuh dan menghasilkan buah. 

                
Nangka terutama dipelihara di pekarangan atau dikebun milik warga sekitar. banyak manfaat dari buah nangka yaitu Daging buah nangka muda (tewel) dimanfaatkan sebagai makanan sayuran. Kayu nangka dianggap lebih unggul daripada jati untuk pembuatan wirausaha. setelah kita memberikan contoh hal baru untuk pembuatan makanan mbote yang terbaru dengan mencoba untuk dijadikan donat, kue brownies, dan keripik. masyarakat desa ombul kita ajak untuk bisa mengerti potensi yang ada di desa mereka agar bisa dijadikan kewirausahaan.
                 
Pembuatan Donat dari Mbote cukup mudah, bahan donat adalah pada umumnya yaitu Tepung Terigu, Margarin, Gula dan Fernipan. kemudian Mbote yang sudah dikukus sebagai campuran bahan donat, Dengan perbandingan 1:1. setelah itu bahan dibanting-banting dalam tempat adonan. kemudian di diamkan selama kurang lebih 1 jam. sebelumnya kita mencoba membuat tepung dari bahan mbote sekalian. namun kita terkendala oleh cuaca karena musim hujan. seandainya kita buat tepung dari mbote juga rasa mbote bisa sangat terasa dan tekstur dari mbote bisa ada pada donat tersebut.
                 
Mbote juga bisa menjadi prospek yang baik bila dijadikan olahan Keripik meskipun terkesan klasik. dengan varian berbagai macam rasa yang beraneka atau juga keripik yang digemari anak muda saat ini contohya keripik Pedas di Kota Bandung dengan berbagai level kepedasannya yang sangat gila. Oleh karena itu tidak ada salahnya bila warga desa ombul mencoba untuk menjadi wirausaha dari potensi desanya yang berlimpah. khusunya mbote atau umbia-umbian yang ada. Demi meningkatkan  kesejahteraan warga desa yang sebelumnya hanya mengandalkan bertani dan bercocok tanam agar lebih baik.


               

Share this post

About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Desa Ombul Sampang Jawa Timur . Distributed By Blogger Themes | Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top