Rabu, 05 Februari 2014

Asal Mula Makam Keramat Desa Ombul

Posted at  03.59  |  in  Seputar Ombul


Pada jaman dahulu terdengar cerita seorang ahli pejalan yang bernama Kadiman. Kadiman adalah orang sakti yang mempunyai ilmu yang tinggi. Beliau adalah perampok yang bengis yang tidak segan melukai korbannya. korban beliau adalah orang-orang kaya yang mempunyai harta berlimpah. tetapi beliau sangat licin seperti belut dia tidak mudah ditangkap. Namun Kadiman tetaplah sosok orang yang berwibawa dan disegani oleh orang banyak dengan latar belakang sebagai perampok. 

suatu hari kadiman duduk di pinggir jalanbersama teman-temannya, kemudian terdengar bunyi sandal yang menuju ke arah kadiman yang sedang duduk bersama teman-temannya itu, tidak lama berselang bunyi sandal itu semakin dekat dan terlihatlah seorang gadis cantik, alim yang tidak salah lagi gadis itu adalah anaknya seorang kiai terkenal di kampung itu. selang beberapa hari kardiaman masih terbayang-bayang dengan gadis itu dan kardiman terus mencari info tentang gadis itu dan setelah mengetahui informasi tentang gadis itu bahwasanya barang siapa yang mau meminang gadis itu harus mempunyai pengalam agama yang baik, alim dan bertaqwa. mendengar berita itu, kadiman langsung saja berfikir. bahwa dia harus berubah.

Kadiman masih merasa ragu dengan dirinya. tetapi dia mempunyai cara apa yang harus ia lakukan untuk meminang gadis itu. Kadiman ingin mencuri sebuah Kitab Alquran untuk diberikan kepada kyai tersebut.tanpa sepengetahuan orang lain kadiman berhasil mencuri sebuah kitab dari masjid untuk dibahwakan kepada pak kyai. Dia berkata dia membeli kitab itu dari pasar. Pak kyai mulai berubah pikiran terhadap kadiman. Apakah kadiman benar-benar ingin meminang anaknya dan dia bersungguh-sungguh. hati seorang kyai luluh dan memperbolehkan anaknya dinikahi oleh kadiman. karena sebelumnya belum ada yang berani melakukan halseperti itu. Setelah itu kadiman jadi menikahi anak pak kyai. 4 bulan kemudian Kadiman mendapatkan kabar baik bahwa istrinya hamil. kadiman sangat senang. namun pak kyai mengetahui siapa sosok sebenarnya kadiman. setelah mengetahui kabar tersebut kadiman diusir dari rumah. dia tidak dipebolehkan menemui istrinya kembali.

Kadiman kabur dari rumah dia bingung dengan keadaannya. tanpa disadari ia berlari semakin jauh. sampai dia menemukan sebuah goa didalam hutan. kadiman masuk ke goa dan dia tanpa sadar diikuti oleh sesosok orang bersorban dan mengatakan bahwa “Hei Kadiman kau harus bertapa untuk mencari jalan kebenaran untuk dirimu sendiri”. Kadiman pun terdiam dan tidak percaya apa yang dibicarakan lelaki tersebut.Namun kadiman berpikir apakah yang dibicarakan itu benar atau tidak. akhirnya dia ingin mencoba apa yang dikatakan oleh orang tersebut. kadiman mulai bertapa dengan kaki di atas dan kepala dibawah. kaki kadiman diikat diatas akar pohon. kadiman harus bertapa selama 41 hari. tanpa makan dan minum. kadiman hanya makan uap nasi yang ada dibawahnya. banyak cobaan yang dialami oleh kadiman. mulai dari ular besar yang melilitnya sampai dengan angin kencang yang hampir membuat ia terpelanting mengenai tebing.

Pada waktu terakhir kadiman mulai mengalami kesakitan yang parah. dia merasa ada yang masuk kedalam tubuhnya. kadiman meronta-ronta dia mengalami sakit yang luar biasa. selama 30menit setelah itu kadiman merasakan ada sesuatu yang ingin dia keluarkan dari tubuhnya. dia mengalami mual dan keluarlah sesosok siluman berupa anjing dalam tubuh kadiman. ternyata selama ini yang merasuki kadiman untuk berbuat jahat adalah sesosok anjing tersebut. kadiman pingsan tak sadarkan diri hingga waktu yang berlansung agak lama. setelah dia tersadar dia mengalami perubahan selama hidupnya. dia mulai tersadar akan segala dosanya. kadiman mulai lembut dia sudah tidak merampok. kadiman mulai kembali ke jalan yang benar.

Pak Kyai mulai mendengar cerita bahwa mantunya dulu telah berubah. Kadiman mula mengajar islam di Desa Ombul yang sebelumnya mayoritas banyak yang memeluk Agama Budha. yang tidak mengerti haram dan Halal. mulai diajarkan secara perlahan oleh kadiman. sehingga masyarakat mulai mengerti dan memahami. ajaran budaya islam. Kadiman terus Gencar mengamalkan ajaran agama islam. Sampai dengan anak cucunya.
Kadiman menjadi sebuah legenda didesa ombul. seorang yang dahulunya adalah perampok telah menjadi kyai dan banyak mengamalkan ilmu-ilmunya. meskipun ombul yang dahlunya banyak orang beragama budha lambat laun agama islam makin banyak yang menganut sehingga hampir separuh dari desa

Share this post

About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 Desa Ombul Sampang Jawa Timur . Distributed By Blogger Themes | Blogger Template by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top